Film  

The Way of Water Menang Efek Visual Terbaik di Oscar 2023

Avatar: The Way of Water.

Senin, 13 Maret 2023 – 12:15 WIB

VIVA Showbiz – Seperti prediksi Gold Derby, Avatar: The Way of Water memenangkan penghargaan Efek Visual Terbaik di Oscar 2023. Sekuel James Cameron yang sangat ditunggu-tunggu itu sangat difavoritkan untuk meraih trofi ini, terutama mengingat “Avatar” asli (2009) juga memenangkan kategori efek visual 13 tahun lalu. 

Avatar The Way of Water menang atas nominasi bersama All Quiet on the Western Front, The Batman, Black Panther: Wakanda Forever dan Top Gun: Maverick. The Way of Water juga mendapatkan nominasi Oscar tahun ini untuk kategori Best Picture, Best Sound dan Best Production Design. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Piala untuk Avatar: The Way of Water diterima oleh Joe Letteri, Richard Baneham, Eric Saindon dan Daniel Barrett. Letteri sebelumnya memenangkan empat Oscar untuk The Lord of the Rings: The Two Towers (2002), The Lord of the Rings: The Return of the King (2003), King Kong (2005) dan Avatar (2009).

Avatar: The Way of Water.

Avatar: The Way of Water.

Sementara, Baneham memiliki satu trofi di pangkuannya untuk Avatar (2009). Kemenangan Oscar hari ini menandai Academy Awards pertama untuk Saindon dan Barrett. Selain Oscar 2023, Avatar The Way of Water juga memenangkan penghargaan Efek Visual Terbaik di BAFTA dan Critic Choice Award 2023.

Ada pun Avatar asli memenangkan tiga Oscar – Sinematografi Terbaik, Desain Produksi Terbaik, dan Efek Visual Terbaik, pada gelaran 2010. Banyak pakar penghargaan mengira, film Avatar juga akan memboyong kategori Film Terbaik dan Sutradara Terbaik tahun itu, tetapi ternyata kalah dari The Hurt Locker dan sutradaranya Kathryn Bigelow, yang kebetulan adalah mantan istri James Cameron.

Avatar: The Way of Water dikisahkan terjadi 16 tahun setelah peristiwa film pertama dan menemukan pahlawan bangsa itu, manusia yang berubah menjadi Na’vi, Jake Sully (Sam Worthington). Jake Sully juga sepenuhnya hidup dengan klan Omatikaya Pandora yang berbasis di hutan. 

Halaman Selanjutnya

Setelah sekelompok manusia baru tiba untuk menjajah planet ini, Jake membawa keluarganya dalam pelarian dan mereka mencoba membuat rumah baru dengan klan Metkayina yang berbasis air. Dimasukkannya dunia bawah memungkinkan tim efek visual untuk membuat gambaran yang sama sekali baru untuk mata menonton.

img_title

Sumber: www.viva.co.id