Sebagian Wilayah dalam Beberapa Hari ke Depan Berpotensi Mengalami Cuaca Ekstrem

Ilustrasi cuaca buruk

Jumat, 30 Desember 2022 – 06:39 WIB

VIVA Nasional – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas yang bervariasi dari ringan hingga lebat di beberapa wilayah saat malam perayaan tahun baru 2023.

“Berdasarkan model cuaca numerik BMKG, sebagian wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan berpotensi mengalami cuaca ekstrem dengan peningkatan curah hujan lebat hingga sangat lebat di beberapa wilayah,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 29 Desember 2022.

Dwikorita mengatakan untuk wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, hingga Nusa Tenggara, potensi hujan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi mulai tanggal 30 Desember 2022 dan berpotensi dapat berlanjut hingga dini hari pada 1 Januari 2023.

Ilustrasi cuaca ekstrem.

Menurutnya, dasar pertimbangan signifikannya potensi cuaca ekstrem tersebut adalah karena masih teridentifikasi aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan.

“Di antaranya adalah aktifnya Monsun Asia di belahan bumi utara masih berkontribusi terhadap peningkatan asupan massa udara basah ke wilayah ekuatorial terutama di sekitar wilayah Indonesia bagian barat,” katanya.

Halaman Selanjutnya

Fenomena gelombang atmosfer

img_title

Sumber: www.viva.co.id